Kamis, 12 September 2013

Besok SBY Tiba di Labuan Bajo

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO, PK -- Menurut rencana besok, Jumat (13/9/2013), Presiden Soesilo Bambang Yudoyono (SBY) dan  Ny. Ani Yudoyono bersama rombongan tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.
Dalam rapat pembahasan bersama tentang kedatangan presiden yang dihadiri langsung paspampres, sektretariat presiden, pers media kepresidenan, protokoler kepresidenan, rumah tangga kepresidenan dan beberapa pejabat dari sejumlah kementerian,  di Aula Setda Mabar, Selasa (10/9/2013), pukul 19.30- 23.30 wita, dijelaskan agenda-agenda presiden dan ibu negara selama berkunjung ke Labuan Bajo.
Beberapa hal yang dibahas saat itu,  antara lain perjalanan presiden dari Jakarta sampai  Labuan Bajo  Jumat,  serta sejumlah kegiatannya bersama ibu negara.  Presiden terbang dari Jakarta pukul 07.30 WIB menggunakan pesawat kepresidenan, tiba di Bandara Komodo-Labuan Bajo, sekitar pukul 10.50 Wita.
Di Bandara Komodo,  Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan disambut oleh Gubernur NTT, Pangdam, Kapolda dan Forum Pimpinan Daerah NTT bersama isteri.
Setelah beristirahat sejenak di ruang tunggu VVIP Bandara Komodo, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan menuju dermaga Labuan Bajo.
Setelah transit di ruang kantor pelabuhan, presiden dan ibu bersama rombongan menuju Pulau Komodo menggunakan KRI Beladau, sekitar pukul 11.30 Wita. Presiden dan ibu bersama rombongan akan santap siang di dalam KRI,  bukan di Pulau Komodo seperti yang sudah diberitakan koran ini sebelumnya.
Setelah tiba di Pulau Komodo, presiden dan ibu bersama rombongan akan diterima oleh Menteri Kehutanan dan Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK). Diperkirakan pada pukul 14.15 Wita, presiden dan ibu bersama rombongan melihat komodo dan melakukan peninjauan di Kantor BTNK, sekaligus ada penandatanganan prasasti tetapi agenda penandatanganan masih perlu dikoordinasi lebih lanjut.
Selanjutnya pada pukul 15.35 Wita,  presiden dan ibu serta rombongan akan meninggalkan Pulau Komodo dan tiba kembali di dermaga Labuan Bajo pada pukul 17.20 Wita.
Selanjutnya langsung menuju Hotel Jayakarta Labuan Bajo tempat presiden bersama ibu negara bermalam. Pada pukul 17.35 Wita diperkirakan tiba di Hotel Jayakarta dan disambut oleh Gubernur NTT bersama General Manajer (GM) hotel itu.  Pada malam harinya, presiden bersama ibu akan santap malam pribadi.
Sedangkan pada hari kedua kunjungannya, tepatnya di acara puncak Sail Komodo, Presiden dan Ibu Negara akan menghadirinya secara langsung.
Presiden dan ibu bersama rombongan menuju tempat acara puncak di Pantai Pede pada pukul 08.30 Wita hari itu. Setelah tiba di tempat acara, akan disambut oleh Menkokesra, Menteri Kelautan dan Perikanan, Wakil Gubernur NTT dan Bupati Mabar.
Lalu beristrahat di ruang tunggu VVIP dan pukul 08.55 wita menuju tempat acara dan acara langsung dimulai.
Acara dimulai dengan lagu Indonesia Raya, selanjutnya akan ada Tarian Tiba Meka dari Manggarai. Beberapa acara penting saat itu, antara lain sambutan-sambutan, terutama sambutan dari Presiden SBY sekaligus menkan  sirene tanda diresmikannya acara puncak Sail Komodo.
Beberapa acara lainnya, yakni tarian-tarian, parade pesona seni Flobamora, persembahan atraksi budaya, salling pas, terjun payung dan sejumlah acara lainnya.
Presiden SBY dan ibu serta rombongan, selanjutnya menuju Rumah Pintar di Kampung Tengah sekitar pukul 11.30 Wita. Saat tiba di lokasi itu akan disambut oleh Bupati Mabar dan Forum Pimpinan Daerah. Ibu Negara saat itu akan menandatangani prasasti peresmian rumah pintar dan meninjau beberapa sentra kerajinan di sekitar rumah pintar.
Setelah meninjau, presiden dan Ibu Negara bersama rombongan menuju Bandara Komodo lalu beristrahat sejenak di ruang tunggu VVIP. Pada pukul 12.40 Wita direncanakan, presiden dan ibu bersama rombongan akan lepas landas untuk pulang kembali ke Jakarta. Tiba di Jakarta diperkirakan pada pukul 14.00 WIB.
"Kami berterima kasih atas semua partisipasi dan dukungan, terutama berkaitan dengan pengobatan gratis untuk warga kami. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih," kata Bupati Mabar Agustinus Ch Dula, yang didampingi wakilnya Maximus Gasa. Keduanya juga hadir dalam rapat pada Selasa malam itu.
Gladi Acara
Pantauan Pos Kupang di Labuan Bajo sampai  kemarin, sejumlah agenda acara berkaitan dengan acara puncak Sail Komodo sudah mulai dilakukan. Di antaranya, tarian Ndudundake yang melibatkan 2.013 orang pelajar di Labuan Bajo, gelar pasukan dari semua angkatan termasuk kepolisian, terjun payung, salling pas dan paralayang.
Beberapa kegiatan gladi tersebut juga menjadi hiburan bagi sejumlah warga. Seperti paralayang di Pantai Pede,  Rabu kemarin menjadi pusat perhatian warga. Sejumlah warga terlihat antusias menyaksikan aksi paralayang yang masih asing di mata mereka.
Berkaitan dengan lokasi acara puncak di Pantai Pede, masih terus dikerjakan dan ditargetkan,  Kamis (12/9/2013) semuanya tuntas.
"Untuk lokasi,  termasuk panggung utama, dan tenda-tenda lainnya sudah hampir rampung. Semuanya sudah beres pada Kamis, hari ini.  Selain itu, semua kegiatan acara juga sudah mulai gladi hari ini," kata Event Organiser (EO) acara puncak, Matias Mboi, saat dikonfirmasi Rabu kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar