Jumat, 15 Maret 2019

TUGAS MARTIKULASI EKONOMI MIKRO

EKONOMI MIKRO


Nama              :  MARSELUS TH. G. TAPOBALI
Kelas               :  B
Mata Kuliah   :  Ekonomi Mikro


Judul Jurnal
:
THE IMPACT OF ADVERTISING ON CONSUMER PRICE SENSITIVITY IN EXPERIENCE GOODS MARKET
(Pengaruh iklan terhadap sensitivitas hanya konsumen di pasar barang yang pengalaman)
Penulis
:
Tülin Erdem & Michael P. Keane & Baohong Sun
29 November 2006

Jurnal ini membahas mengenai pengaruh dari aktivitas pemasaran iklah tv terhadap sensitivitas harga konsumen yang dihadapi sebuah merk. Sensitivitas harga konsumen yaitu kepekaan relative dari harga yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kecenderungan untuk melakukan pencarian harga dalam menemukan harga yang lebih baik. Sensitivitas harga berpengaruh terhadap seberapa loyal suatu konsumen terhadap suatu barang atau merek tertentu, semakin rendah sensitivitas harga, maka dapat dikatakan konsumen tersebut semakin loyal terhadap suatu barang tertentu.
Penelitian ini dilakukan di Chicago dan Atlanta, yang menggunakan 18 merek pasta gigi, sikat gigi dan saus kecap sebagai sampel. Melalui penelitian ini kemudian didapatkan suatu hasi yang menyatakan bahwa adanya iklan, menyababkan suatu barang akan lebih dikenal oleh banyak orang seiring dengan peningkatan pada aktivitas pemasaran yang akan semakin meningkatkan ketersediaan informasi yang meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen.
Tingkat kepercayaan konsumen inilah yang kemudian menyebabkan meningkatnya tingkat loyalitas konsumen akan suatu produk tertentu. Tentunya, ada beberapa faktor lain yang dibutuhkan suatu brand dalam membuat sebuah iklan dalam rangka menciptakan kepercayaan dari para konsumen untuk menggunakan produk tersebut, salah satunya adalah ketersediaan informasi. Ketersediaan informasi yang jelas akan kualitas produk juga memiliki pengaruh yang besar dalam membuat suatu iklan yang dapat menurunkan tingkat sensitivitas harga konsumen akan suatu barang.
Jika ditelaah lebih jauh, iklan dapat mempengaruhi tingkat permintaan suatu barang. Akan tetapi, pengaruh dari iklan tersebut sangat bergantung dari tampilan, kemenarikan, dan seberapa intens iklan tersebut. Dalam kasus ini, peneliti meneliti barang-barang yang elastis, sehingga iklan yang menguntungkan dan lebih berpengaruh pada elastisitas harga adalah iklan yang tidak menurunkan elastisitas permintaan. Hal ini terjadi karena ketika elastisitas harga suatu barang naik, maka permintaan barang tersebut akan turun karena terdapat barang-barang alternatif atau subtitusi lainnya. Sebagai tambahan, keadaan tersebut dapat menyebabkan produsen baru untuk masuk ke dalam pasar.
Kesimpulannya iklan yang dapat menarik konsumen akan menurunkan sensitivitas harga, intinya ialah, bahwa secara fundamental, iklan dapat mempengaruhi elastisitas harga permintaan untuk merek dalam dua cara berbeda. Prrtama, iklan dapat mempengaruhi parameter dari fungsi permintaan konsumen individu sedemikian rupa untuk membuat konsumen individu lebih atau kurang sensitive terhadap harga. Yang kedua ialah, adanya iklan dapat memengaruhi komposisi dari himpunan konsumen yang membeli merk, jika iklan menarik maka konsumen akan bersedia untuk membayar sejumlah uang tertentu atas barang tersebut sehingga menyebabkan peningkatan elastisitas permintaan atas barang dengan merek tertentu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar