Jumat, 15 Maret 2019

TUGAS MARTIKULASI EKONOMI MIKRO

EKONOMI MIKRO


Nama              :  MARSELUS TH. G. TAPOBALI
Kelas               :  B
Mata Kuliah   :  Ekonomi Mikro


Judul Jurnal
:
Economic Impact of Tourism and Globalization in Indonesia
 (Dampak Ekonomi Pariwisata dan Globalisasi di Indonesia)
Penulis
:
Guntur Sugiyarto, Adam Blake, M. Thea Sinclair


Jurnal ini membahas mengenai dampak dari globalisasi dan pariwisata terhadap perekonomian indonesia. Adanya globalisasi yaitu sutu keadaan yang ditandai dengan munculnya berbagai jenis teknologi yang memungkinkan pencarian informasi secara luas dan mengglobal rupanya tidak hanya memberikan dampak baik, di dalam jurnal ini, lebih banyak membahas mengenai dampak buruk globalisasi terhadap neraca perdagangan indonesia.

Dengan adanya perdagangan bebas / liberalisasi perdagangan maka, pemerintah membuat kebijakan dengan mengurangi tarif impor dan pengenaan pajak pada komoditas domestik. Dan ini berdampak pada sisi produksi, dengan penurunan harga domestic maka membuat para produsen lebih kompetitif dalam bersaing dengan pesaing yang ada di pasar. Pada dasarnya hal ini dapat merangnsang produksi dalam negri dan meningkatkan lapangan pekerjaan yang dapat meningkatkan PDB. Dengan meningkatnya produksi dalam negeri maka menaikan pendapatan rumah tangga dan menciptakan lebih banyak permintaan dalam pasar domestic.Karena permintaan dalam negeri meningkat maka meningkatkan impor, tetapi ekspor menutun. Itu dikarenakan neraca pasar domestic lebih menguntungkan bagi produsen.Oleh karena itu neraca perdagangan memburuk.
Semakin berkurangnya pajak yang diterima oleh pemerintah juga semakin memperburuk kekurangannya .Dengan kurangnya pajak yang diterima pemerintah membuat pemerintah kurang mampu membiayai aggaran pengeluarannya tapi memiliki sisi positif pada kesejahteraan dalam negeri dan konsumsi rumah tangga meningkat .Untuk menyeimbangkan neraca perdagangan yang buruk itu, sector pariwisata bisa menjadi solusinya.Seperti yang telah dijelaskan dijurnal bahwa kenaikan permintaan pariwisata asing akan membuat produksi yang lebih dan penyerapan tenaga kerja domestic meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya hubungan antara harga yang menurun, permintaan, dan income yang berjalan semakin tinggi dalam kasus ini maka dapat dikatakan  bahwa ini bersifat elastis. Untuk mencegah terjadinya inelastic maka pemerintah seharusnya membuat kebijakan untuk menaikan harga saja dan menurunkan tarif pajak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar